Teks Zigzag

SELAMAT DATANG

Saturday 18 June 2016

PROPOSAL KEGIATAN DI BULAN RAMADHAN





PROPOSAL
Permohonan Bantuan Kegiatan Kepemudaan, Remaja dan Anak-anak
Dengan tema :
 “ ……………………………………………………………..”


MUQADDIMAH

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya, kita meminta pertolongan kepada-Nya, kita meminta ampunan kepada-Nya dan bertaubat kepada-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejelekan diri kita dan dari keburukan amal-amal kita.
Kita sebagai hamba Allah muslimin dan muslimat sepatutnyalah mengetahui dan memahami bahwa Ramadhan merupakan bulan yang suci, bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini Allah melimpahkan berkah, rahmat dan ampunan-Nya bagi siapa yang menyambut dan memuliakan bulan Ramadhan ini dengan berpuasa diiringi keikhlasan dan dengan mengharap ridha Allah Swt semata. Di bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan-Nya mari kita sama-sama berlomba-lomba dalam mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Ramadhan adalah bulan tarbiyah (pendidikan). Bulan ini bagaikan madrasah kolosal yang mendidik hamba-hamba Allah yang mu’min untuk menjalani tarbiyah islamiyah (pendidikan Islam) yang sempurna; meliputi tarbiyah ruhiyah (ruhani), aqliyah (intelektual), dan jasadiyah (fisik). Tarbiyah Ramadhan diikuti oleh seluruh kaum muslimin; dari pejabat hingga rakyat, kaya atau miskin, tua ataupun muda, remaja maupun dewasa, tidak memandang suku bangsa warna kulit atau pun bahasa, semua yang mengaku beriman sama-sama mengikuti perintah Allah untuk bershaum Ramadhan.
Esensi utama dari Tarbiyah Ramadhan adalah menghubungkan manusia dengan Rabbul ‘Alamin. Menghidupkan hati nurani dan mengisi jiwa dengan nilai-nilai keimanan yang tinggi. Melalui dua program utama: Shaum (puasa) serta Qiyamul Ramadhan (shalat Tarawih) dengan interakasi yang intensif dengan Al Qur-anul karim dan diakhiri oleh penyucian diri dengan menunaikan Zakat Fitrah. Gelar kesarjanaan yang akan diperoleh mereka yang mengikuti program pendidikan ini adalah “Taqwa”. Firman Allah,
“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al Baqarah: 183)

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (QS. Al Maaidah: 2)

Untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan, Pemuda dan Pemudi Link. ………………… Kec. ……………….. Kota ………………… dengan program mendekatkan diri kepada sang Pencipta Alam Semesta, Penguasa hari pembalasan  berupa Pendidikan Ramadhan 1437 H yang bertujuan untuk membentuk jiwa-jiwa Rabbani. Membentuk jiwa yang dapat mengendalikan hawa nafsu, taat kepada perintah Allah dan kembali fitrah, sehingga kita semua menjadi orang yang beriman dan bertaqwa.


DASAR PEMIKIRAN

Dasar pemikiran diadakannya program ini adalah berdasarkan pada Firman Allah Swt dan Sabda Nabi Saw;

Serulah manusia kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sungguh, Rabb-mu Dia-lah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (QS. Al Nahl [16] : 125)

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka generasi yang lemah (QS An Nissa [4] : 9)

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.   (QS At-Taubah [9] : 103)

Jika manusia melihat kemungkaran dan tidak mengubahnya, dikhawatirkan semua manusia akan terkena siksa Allah lantarannya (HR Ibnu Majah)

Barang siapa memberi makan orang yang berbuka puasa maka dia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang (menerima makanan) berpuasa tidak dikurangi sedikitpun(HR. Attirmidzi)

Barang siapa ingin do’anya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan shadaqah.  (HR. Al Baihaqi)

Barangsiapa Allah hendak memberikan kebaikan kepadanya, niscaya Allah pandaikan dia di dalam urusan Agama (Muttafaq’alaihi)
Tiada kemenangan tanpa adanya kekuatan, dan tiada kekuatan tanpa adanya persatuan, dan tiada persatuan bila tidak ada keutamaan, dan tiada keutamaan bila tiada ajaran al Qur’an, as Sunnah atau Dinul Islam, dan tiada Islam bila tidak ada Tabligh atau Dakwah (Al Hadist )
“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

“Dunia itu untuk 4 jenis hamba: Yang pertama, hamba yang diberikan rizqi oleh Allah serta kepahaman terhadap ilmu agama. Ia bertaqwa kepada Allah dalam menggunakan hartanya dan ia gunakan untuk menyambung silaturahim. Dan ia menyadari terdapat hak Allah pada hartanya. Maka inilah kedudukan hamba yang paling baik.” (HR. Tirmidzi, no.2325, ia berkata: “Hasan shahih”)


MAKSUD DAN TUJUAN

·         Menjadikan Bulan Ramadhan  sebagai bulan pendidikan spiritual sehingga membentuk Pemuda-pemudi memiliki jiwa-jiwa Muttaqin.
·         Membentuk  Remaja putera-puteri Islam yang berkepribadian Al Qur’an, cerdas, disiplin, tangguh dan  kreatif.
·         Menjadi wadah untuk memperluas wawasan dan ajang silaturahim.
·         Menjadi sarana untuk berkompetisi dalam wawasan keislaman
·         Membantu meringankan beban kaum dhu’afa serta mewujudkan pemerataan dengan pendistribusian Zakat, Infaq dan Shodaqoh  yang  tepat sasaran.

LOKASI DAN KEGIATAN

Lokasi :

Pusat Kegiatan Ramadhan 1437 H.  dilaksanakan di Musholla ……………., Link. ……………. Kel. ………………………. Kec………………… kota ……………...

Kegiatan :
No
Nama Kegiatan
Bentuk Kegiatan
Kebutuhan Anggaran
1
Penerimaan dan Penyaluran Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh
Menerima dan menyalurkan Zakat Fitrah dalam bentuk beras ataupun dana senilai kewajiban setiap diri, untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat sekitar yang berhak menerimanya

2
Pesantren Kilat
Tadarus Al-Qur’an,
Doa bersama setiap hari Kamis malam Jum’at, Jum’at Malam Sabtu, Sabtu Malam Minggu

3
Perlombaan
Lomba Adzan, Lomba Hafidz Qur’an.

4
Buka Puasa bersama
Berbuka Puasa bersama anak yatim dan Fakir Miskin (Du’afa)

5
Santunan Anak yatim
Memberikan Santunan lebaran pada anak Yatim (dalam bentuk uang)
Memberikan bingkisan Paket lebaran pada anak yatim
Memberikan baju baru

6
Santunan Kaum Dhu’afa

Pemberian kepada para kaum Dhu’afa
Pemberian paket lebaran pada kaum Dhu’afa


Total Anggaran



Terbilang : “ ……………………………………………….. “

WAKTU KEGIATAN
Pelaksanaan Kegiatan akan di laksanakan mulai tanggal ……………… 2016 sd  ………….. 2016


PELAKSANA
Pemuda dan Pemudi Link. ………………… Kel. ……………. Kec. ………….Kota ………..






PENUTUP

Demikian proposal Permohonan Bantuan dana Kegiatan Kepemudaan, Remaja dan Anak anak  “ Di Bulan Suci Ramadhan Indahnya Kebersamaan saling Berbagi bersama Anak Yatim dan  Dhu’afa ini kami sampaikan. Besar harapan kami atas segala sesuatu yang tertuang dalam proposal ini dapat tercapai.  

Semoga Allah senantiasa untuk selalu menganugerahkan segala rahmat dan maghfirahnya kepada kita, guna menjadi hamba yang suci dan bersih, memperoleh ampunanNya pada bulan suci Ramadhan ini.

Akhirnya atas segala partsipasi dan bantuan dari para donator, kaum muslimin dan muslimat dimanapun berada kami haturkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi. Wabarakatuh.
……………………, ……………………….. 2016
PEMUDA DAN PEMUDI ……………………….
KELURAHAN ....................................... KECAMATAN …………….
KOTA ……………………..

Ketua


……………………..


Sekretaris


………………..
Mengetahui
Kepala kecamatan……….




……………………….

Mengetahui
Kepala kelurahan……….




……………………….

No comments:

Post a Comment